Home > Proses Pengalengan Gudeg
 
 
 

Proses Pengalengan Gudeg

Selamat Datang di www.pusatgudegkaleng.info Pusat Gudeg Khas Jogja Bercita rasa tinggi, praktis,higienis dan tahan lama. Harga Nego untuk pembelian paket besar

 

Sebagai pihak yang meneliti dan melakukan pengemasan dalam kaleng, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menetapkan persyaratan khusus agar sebuah masakan bisa dikemas ke dalam kaleng. Apalagi, proses pengalengan makanan tradisional seperti gudeg tidak menggunakan bahan kimia sebagai pengawet.
  1. Pertama, bahan baku masakan harus benar-benar segar sesuai standar internasional dan prosedur pengalengan di UPT BPPTK LIPI. “Untuk ikan dan daging, dari yang masih hidup, begitu dipotong langsung diolah, begitu juga untuk sayur juga harus langsung diolah setelah dipetik, “kata Mukhamad Angwar, Koordinator Produksi UPT BPPTK LIPI.
  2. Kedua, bahan makanan itu harus bisa bertahan dalam suhu tinggi hingga 121° Celcius (C). Artinya, masakan tak berubah, baik warna maupun bentuknya, jika dipanaskan dalam suhu tinggi. “Makanan itu tak berubah menjadi bubur, misalnya, “ujar Angwar.
LIPI menggunakan langkah-langkah sesuai prinsip fisika dalam proses pengalengan ini. Proses ini dimulai dengan menimbang dan memasukkan gudeg yang sudah masak kedalam kaleng kosong yang terlebih dulu disterilkan. Selanjutnya, dilakukan penghampaan udara di permukaan gudeg menggunakan uap panas pada suhu 90° C - 95° C. Gudeg itu kemudian ditutup dengan menggunakan mesin penutup kaleng dan dilanjutkan dengan sterilisasi.
Gudeg yang sudah dikemas dalam kaleng tertutup itu kemudian dimasukkan kedalam alat sterilisasi dengan suhu 121° C selama 15 menit. Setelah itu, kaleng-kaleng berisi gudeg dimasukkan kedalam air dingin yang sudah steril. “Tujuannya supaya mikroba jenis spora yang tahan panas pecah, sehingga semua mikroba dalam gudeg itu mati, “jelas Angwar.
Setelah selesai, kaleng dikeringkan dan dikarantina 15 hari untuk memastikan apakah masih ada mikroba yang tersisa. Sebab, bila masih ada mikroba, gudeg akan mengalami proses fermentasi dan kaleng akan mengembung. Bila hal itu terjadi, artinya pengalengan gudeg gagal. Namun, bila selama 15 hari kaleng tetap normal, gudeg itu layak dikonsumsi setiap hari. Dalam tujuh jam, LIPI bisa mengemas 1.000 gudeg kaleng.  

 Bagi Anda yang belum pernah makan gudeg

Cobain GUDEG KALENG BU TJITRO

"Dijamin Anda Pasti Puas"

Dapatkan Harga Diskon !!!

 

1 Gudeg kaleng 210 g Rp. 27.000,-

 

 

Pemesanan Melalui SMS :

081 380 727 717

atau Email ke

harmanto_e@yahoo.com

Format : Nama_Rincian Order_Alamat

 
 
 
GUDEG KALENG BU TJITRO 1925
Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI