Home > Mengawetkan Warisan Kuliner
 
 
 

Mengawetkan Warisan Kuliner

  Selamat Datang di www.pusatgudegkaleng.info Pusat Gudeg Khas Jogja Bercita rasa tinggi, praktis,higienis dan tahan lama. Harga Nego untuk pembelian paket besar

 

Peneliti LIPI memunyai cara tersendiri mengawetkan warisan kuliner dari berbagai daerah di Tanah Air dalam kaleng. Proses pengawetan makanan kaleng yang sempurna bisa memperpanjang umur masakan hingga 4 tahun.

 

Kerjasama LIPI dengan Gudeg Bu Tjitro bisa menjamin kualitas rasa makanan khas Yogyakarta ini tidak meleset jauh dari aslinya. Sebelum dihidangkan, gudeg kaleng disarankan untuk dipanaskan terlebih dulu selama 5 menit.

 

Gudeg kaleng seberat 210 gram berisi nagka muda, satu telur ayam kampung, kerecek, dan kacang tholo. Semua isian tersebut berwarna coklat tua. Bahkan, ketika telur rebus dibelah, warna kuning telur telah berubah menjadi coklat.

 

Itu semua menjadi tanda bahwa racikan bumbu seperti bawang merah dan putih, kemiri, cabe merah keriting, kelapa, lengkuas, garam, sereh, ketumbar, gula merah, daun jeruk, dan daun salam merasap sempurna. Ciri khas rasa manis gudeg tidak terlalu kuat. Rasanya rame. Ada perpaduan rasa gurih, manis, dan asin.

 

Mengawetkan Tanpa Pengawet

 

Produk pangan yang disimpan terlalu lama akan mengalami proses fermentasi, enzimatis, dan oksidasi sehingga kualitasnya akan menurun. Dengan kata lain, secara umum produk pangan-seperti hasil pertanian dan peternakan-itu sebenarnya memiliki waktu simpan pendek.

 

Menurut peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Mukhamad Angwar, sejauh ini ada beberapa teknik mengawetkan produk pangan secara alami atau tanpa menggunakan bahan pengawet yang dapat merugikan kesehatan. Beberapa teknik pengawetan itu seperti penggaraman, pendinginan, pengeringan, iradiasi, dan pengalengan.

  • Penggaraman
 

Penggaraman merupakan teknik pengawetan pangan yang telah dikenal masyarakat secara luas selama bertahun-tahun. Larutan garam atau NaCl mampu menghambat mikroorganisme penyebab kebusukan tanaman. Salah satu contoh penggaraman adalah mengawetkan ikan. Tanpa penggaraman, ikan akan bertahan hanya beberapa hari saja. Namun dengan penggaraman bisa bertahan hingga beberapa pekan.

  • Pendinginan
 

Cara lain mengawetkan produk pangan adalah pendinginan (pembekuan). Produk pangan seperti buah, sayuran, daging, ikan dapat disimpan dalam suhu -4 (minus empat) derajat Celsius hingga 0 derajat Celsius. Suhu rendah ini dapat memperlambat atau mencegah perkembangbiakan mikroorganisme yang bisa merusak makanan. Melalui proses pendinginan, produk pangan bisa tahan hingga berbulan-bulan.

  • Pengeringan
 

Seperti diketahui, produk pangan yang mengandung kadar air yang tinggi rentan mengalami kerusakan. Sebab makhluk hidup seperti bakteri, kuman, dan jamur untuk bisa bertahan hidup memerlukan air. Oleh karena itu, agar produk makan lebih tahan lama maka kadar air perlu diminimalkan. Proses pengeringan harus berjalan sempurna agar mikroorganisme yang mempercepat pembusukan produk pangan tidak bisa tumbuh.

  • Penyinaran
 

Teknik pengawetan produk pangan menggunakan radiasi bisa menghambat pertunasan dini atau pembusukan. Teknik ini dilakukan dengan memaparkan radiasi gamma atau ultraviolet berintensitas tinggi yang dapat membunuh mikroorganisme. Teknik ini tidak memengaruhi gizi yang terkandung dalam produk makanan dan meninggalkan residu. Teknik iradiasi juga dapat digunakan untuk menyeterilkan kemasan dari suatu produk pangan.

  • Pengalengan
LIPI melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan aneka makanan kaleng sejak 1980. Sejauh ini, LIPI fokus mengalengkan makanan makanan tradisional khas suatu daerah, seperti gudeg, lombok hijau, mangut lele kaleng, rendang, tempe kari, dan lain-lain. Produk pangan dalam kaleng bisa awet karena adanya proses pengeluaran udara, steriliasi pada suhu 12 derajat Celsius dengan tekanan 2 atmosfir. Kaleng yang rapat dapat melindungi produk dari kontaminasi selama penyimpanan.


Bagi Anda yang belum pernah makan gudeg

Cobain GUDEG KALENG BU TJITRO

"Dijamin Anda Pasti Puas"

Dapatkan Harga Diskon !!!

 

1 Gudeg kaleng 210 g Rp. 27.000,-

 

 

Pemesanan Melalui SMS :

081 380 727 717

atau Email ke

harmanto_e@yahoo.com

Format : Nama_Rincian Order_Alamat

 
 
 
GUDEG KALENG BU TJITRO 1925
Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI